Headlines News :
Home » » Satpol-PP Tertibkan Penambang Pasir Liar

Satpol-PP Tertibkan Penambang Pasir Liar

Written By Unknown on Sabtu, 23 Februari 2013 | 5:36:00 AM

Reporter : AGUS SETIYADI

Bojonegoro Beritaguntur.com -Nampaknya petugas pengawal Perda Kabupaten Bojonegoro ini, harus terus melakukan operasi sikat bersih bagi penambang pasir liar di areal bengawan solo wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Jum’at pagi (22/2/2013) telah dilakukan operasi terahadap para penambang pasir liar yang menggunakan alat berat berupa pompa Diesel, dengan langsung mengambil pasir di dalamsungai bengawan solo memakai alat sedot dengan paralon besar yang digerakkan oleh 1 Mesin Diesel pengangkat pasir lalu dialirkan lagi dengan mesin Diesel untuk dimasukkan langsung ke bak truk yang mengantri.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Bojonegoro, bergerak dari markasnya dengan kekuatan 1 peleton yang dipimpin langsung oleh Mujianto Kasi Operasi Ketertiban (Ops trantib), menuju lokasi di Desa Leran Kecamatan kalitidu, sungai bengawan solo didekat Bendung Gerak.

Di jelaskan oleh Mujianto, bahwa saat petugas memasuki kawasan penambangan pasir liar ini, para pekerja maupun sopir truk langsung berhamburan melarikan diri, sehingga dalam operasi tersebut kita hanya membawa barang bukti saja tanpa ada tersangkanya.

Masih kata Mujianto, bahwa pihaknya merasa dalam operasi tadi tidak mendapat dukungan dari masyarakat setempat, dimana harapan kita sebagai aparat pengawal perda tersebut kalau masyarakat membantu, akan yang mendapat keuntungan adalah masyarakat setempat, sebab penambangan pasir liar yang menggunakan alat atau mesin diesel ini akan mengakibatkan kerusakan lingkungan bahkan akan membuat tanah sekitarnya akan cepat longsor.

Sementara itu Kepala Satpol-PP Kabupaten Bojonegoro, Kamidin membenarkan bahwa operasi yang dilakukan oleh personelnya, telah mengamankan barang bukti berupa 23 buah paralon, 1 buah pipa besi sepanjang 6 meter, tampar plastic sebanyak 5 gulung dan 2 skrop. 

“ Dalam melakukan operasi tadi pagi kita tidak membawa alat pompa atau diesel, hal ini dikarenakan kita kurang mendapat bantuan masyarakat, guna menghambat upaya penggunaan 2 mesin diesel lagi oleh penambang, maka petugas membuang 2 mesin diesel tersebut ke tengah sungai, “ Tegasnya pada Beritaguntur.com.

*** (KUPRIT)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT