Headlines News :
Home » » Sate Bekicot dan Welut Mbah Jenggot

Sate Bekicot dan Welut Mbah Jenggot

Written By Unknown on Sabtu, 23 Februari 2013 | 5:45:00 AM

Reporter : AGUS SETIYADI

Bojonegoro Beritaguntur.com -Bekicot sering dikenal sebagai binatang hemaprodit yang hidup menempel didaun yang tidak lazim dikonsumsi masyarakat sebagai lauk. Namun di Bojonegoro, Jawa Timur, sate bekicot bumbu kacang digemari masyarakat sekitar. Selain rasanya yang lezat, daging bekicot memiliki khasiat yang luar biasa untuk obat penyakit asma dan gatal - gatal.

Menu sate bekicot bisa dijumpai diwarung sederhana diDusun Mbaoro Desa Sobontoro Kecamatan Balen Bojonegoro, Jawa Timur. Warung sate bekicot atau dikenal dengan sate 02 dirintis oleh Abah Jenggot warga iDusun Mbaoro Desa Sobontoro, 5 tahun silam.

Ditangan pria berjenggot inilah, bekicot yang menjijikkan bisa diolah menjadi makanan yang super lezat. Teknis memasak sate ini sangat sederhana, dan dijamin daging bekicot bebas amis dan lendir, yakni direbus di dalam air panas hingga 1 jam. "Cukup direbus saja untuk menghilangkan amis dan lendir," tukasnya.

Setelah empuk, bekicot ini kemudian dipotong menjadi bagian kecil kecil dan ditusuk layaknya sate. Tetapi yang membedakan hanyalah rasanya yang gurih dan kenyal.

Untuk harga satu porsi sate bekicot atau 10 tusuk sate, Abah Jenggot membandrol Rp5.000. Tak heran, warung ini dapat menjual hingga 400-500 tusuk sate bekicot dalam waktu sekejap. "Pokoknya habis ya tutup, besok pagi buka lagi," ujarnya.

Para pembeli yang datang di warung Abah Jenggot, rata-rata sudah menjadi pelanggan tetap.  Meskipun terbilang kuliner ekstrim, namun selain lezat, bekicot juga menyehatkan. Bekicot dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit dan sesak napas.

*** (b/Kuprit)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT