Headlines News :
Home » » SE Unair Kunjungi Desa Pancasila

SE Unair Kunjungi Desa Pancasila

Written By Unknown on Sabtu, 13 Oktober 2012 | 9:39:00 PM

Sabtu 13 Oktober 2012 
Reporter : Slamet

Tabloidguntur.com -Sekitar 400 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu (13/10) mengunjungi Desa Balun Kecamatan Turi/Lamongan dalam rangka kegiatan Study Excursie (SE). Sebelum mengunjungi desa yang sering disebut sebagai Kampung Pancasila karena keunikannya ini, rombongan mahasiswa yang diterima Bupati Fadeli dan Sekkab Yuhronur Efendi di Pendopo Lokatantra Lamongan.

Peserta SE Unair yang dipimpin Ketua Panitia  Mohammad Adib dan Direktur Kemahasiswaan Unair Koko Srimulyo tersebut adalah mahasiswa dari berbagai fakultas yang sedang menempuh mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan (PPKn).

“Tujuan dari kegiatan SE di Lamongan ini adalah untuk Memberikan pengalaman riil kepada mahasiswa tentang kehidupan masyarakat Bhinneka di lokasi kegiatan. Juga untuk membentuk karakter mahasiswa sebagai insan yang bermoralitas bhinneka yang terbuka dan toleran “ ungkap Mohammad Adib.

Sementara Koko Srimulyo dalam sambutannya menyebut ada tiga persoalan besar Kebhinnekaan yang jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah. Yakni kesombongan masing-masing etnis, suku bangsa atau agama. Kemduian mengambil sesuatu yang bukan hanya serta sikap iri antara satu suku, etnis, agama dengan yang lainnya.

Rombongan SE Unair dijadwalkan berada di Lamongan selama dua hari.  Selain di Desa Balun, mereka juga akan mengunjungi Ponpes Sunan Drajat terkait tema serupa. Di sana, rombongan direncanakan diterima pengasuh Ponpes Sunan Drajat, KH Abdul Ghofur.

Di Desa Balun saat ini terdapat 3.780 pemeluk Agama Islam, warga yang beragama Kristen sebanyak 688 orang dan 282 beragama Hindu. Meski terdiri dari tiga agama, toleransi antar warganya sangat tinggi. Bahkan tempat ibadahnyapun tidak berjauhan.

Masyarakat Islam di Balun memiliki Masjid Miftahul Huda yang berada satu lokasi dengan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatush Shibyan. Tidak jauh dari masjid terdapat Pura Sweta Maha Suci, tempat pemeluk Hindu beribadah. Masih di sekitar area yang sama, berdiri dengan harmonis Gereja Kristen Jawi Wetan. [Slm]

 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT