Headlines News :
Home » » PERMAINAN TRADISIONAL YANG SUDAH PUNAH

PERMAINAN TRADISIONAL YANG SUDAH PUNAH

Written By Unknown on Selasa, 23 Oktober 2012 | 11:00:00 AM

Selasa 23 Oktober 2012
Reporter : Agus Setiyadi

Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan zaman ternyata permainan tradisional hampir punah di permukaan ranah nusantara ini. Bukti yang mencolok adalah saat ini anak-anak sudah dijejali dengan berbagai permainan elektronik. Berarti memang sudah terbukti sekali khususnya pada kota-kota besar permainan tradisional terpingirkan oleh perkembangan zaman ini. 

Sungguh menyayat hati rasanya apabila permainan tradisional tersebut hilang dimakan oleh waktu dan zaman. Sesungguhnya permainan tradisional tersebut diciptakan oleh para pemainnya hanya menggunakan barang-barang seadanya untuk mendorong mereka lebih kreatif lagi didalam berekpresi. Jadi apa seharusnya di perbuat bagi kita selaku orang tua untuk menanamkan kembali permainan tradisional itu kepada anak-anak kita…?

Peran orang tua sebenarnya sangat berarti sekali terhadap perkembangan anak, tetapi justru orang tua saat ini khususnya di kota besar mereka menjejali berbagai permainan elektronik kepada anak-anak mereka. Karena dunia anak adalah dunia dimana mereka belajar, baik itu belajar sosialisasi maupun belajar mengetahui apa yang ada dihadapannya.

Berbagai permainan diciptakan untuk menghibur dan menjadi sarana pendidikan mereka, tetapi kali ini berbeda halnya dengan permainan tempo dulu, dimana para orang tua hanya membekali mereka permainan sederhana.

Ironis memang kalau kita telaah pada saat ini, zaman dan pengaruh dunia luar sangat mempunyai peranan secara tidak langsung ternyata. Tinggal bagaimana sekarang para orang tua untuk memaknai perkembangan anaknya dalam dunia pendidikan. Khusus pada permainan tradisional yang hilang dengan seiringnya waktu ini, kita selaku penerus bangsa maupun calon orang tua tiba saatnya nanti, perlulah secara bersama-sama menggiatkan kembali apa yang telah diberikan oleh para nenek moyang kita, jangan sampai apa yang telah ada itu sirna. Salah satu permainan tradisional yang sudah punah sampai saat ini adalah permainan Patuk lele (Bentek Red).   
 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT