Headlines News :
Home » » Menjemput Adipura Kencana, Harus Tata RTH

Menjemput Adipura Kencana, Harus Tata RTH

Written By Unknown on Jumat, 12 Oktober 2012 | 10:28:00 AM

Jum'at 12 Oktober 2012
Reporter : Slamet

Tabloidguntur.com -Setelah enam kali mendapatkan piala Adipura dan bahkan sempat mendapat nilai yang tertinggi se Indonesia thn 2012, Lamongan kini menargetkan untuk mendapatkan piala Adipura Kencana.


Hal itu terungkap saat rapat persiapan penilaian tahap pertama Adipura tahun 2013 di Ruang Sasana Nayaka,yang dipimpin langsung Bupati Fadeli.



"Menurut Sukiman, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Lamongan sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Diantaranya sudah pernah menjadi peringkat 1 sampai dengan 5 nasional."



Lamongan juga sudah tiga kali berturut–turut mendapatkan Anugrah Adipura. Sementara mengenai inovasi yang juga merupakan persyaratan penting untuk bias mendapatkan Adipura Kencana, Lamongan telah meluncurkankan berbagai program inovatif. 



Seperti Lamongan Green and Clean (LGC), Biogas dan Bank Sampah. Dia menyebutkan selain syarat teknis sudah pernah tiga kali berturut–turut mendapatkan Adipura, Meskipun begitu bukan berarti Lamongan tidak perlu berbenah lagi.


Sejumlah program kembali diluncurkan sebagai strategi mendapatkan Adipura Kencana Tahun 2013. Program-program tersebut adalah melanjutkan kembali LGC. Program LGC III kali ini fokus pada  Program lain yang juga sangat penting adalah memperindah Lamongan. Dalam hal ini meliputi program pembenahan dan pembangunan taman di sepanjang jalan arteri. Yakni diantaranya Jalan Sunan Giri, Jalan Veteran dan Jalan Sumargo.

Teknis pelaksanaan program ini dilakukan dengan cara pembagian kapling tugas kewajiban pengelolaan pada SKPD. Juga melibatkan partisipasi swasta meliputi perusahaan, industry dan, perbankan juga partisipasi sekolah dan perguruan tinggi serta partisipasi partai politik dan organisasi massa.

Sedangkan untuk pemeliharaannya, selain masih melibatkan seluruh SKPD, juga dilakukan secara swakelola oleh masing-masing penanggungjawab kapling tugas meliputi perawatan, pemupukan, pemotongan rumput. Sedangkan untuk penyiraman oleh petugas pertamanan, dalam hal ini Dinas PU Cipta Karya. 

Dalam pengarahannya, Bupati Fadeli menegaskan dukungan semua pihak. Agar SKPD membenahi di lingkungan masing-masing dan juga di lokasi yang sudah ditentukan untuk menata dan menjaga kebersihan dan keindahannya. 

Selanjutnya dia mengharapkan agar program Lamongan 1000 taman ini bisa terealisasi tahun ini. Dia juga mengharapkan agar melaunching kembali program LGC yang telah berjalan dengan baik karena bisa memotivasi masyarakat yang sudah menunggu-nunggu program LGC selanjutnya. Dan terus melaksanakan kerja sama dengan pihak swasta dalam pelaksanannnya karena sudah terbukti merubah kondisi lapangan menjadi yang kita inginkan. [Sl]
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT