Headlines News :
Home » » 2016, PT Semen Gresik Siap Beroperasi di Rembang

2016, PT Semen Gresik Siap Beroperasi di Rembang

Written By Unknown on Kamis, 25 Oktober 2012 | 8:45:00 PM

Kamis 25 Oktober 2012 
Reporter : Hadiyanto

REMBANG Tabloidguntur.com-PT. Semen Gresik akan meningkatkan kapasitas produksinya hingga mencapai 25 juta ton/tahun. Untuk itu akan dibangun pabrik-pabrik baru guna mewujudkan target tersebut, salah satu daerah yang akan dibangun pabrik semen baru adalah Kabupaten Rembang.

Menurut Sekretaris PT SG Agung Wiharto saat diskusi dengan wartawan di Terras Kota Hotel Antika Rembang,Pembangunan pabrik baru harus memenuhi beberapa syarat seperti ketersediaan bahan baku utama yakni kapur, terletak disisi utara pulau Jawa karena untuk meringankan ongkos kirim bahan bakar batu bara yang dikirim dari Kalimantan dan dekat dengan jalan utama.

“Kabupaten Rembang memiliki beberapa syarat tersebut sehingga kami berencana berinvestasi disini,” ujar Agung.

Agung menambahkan PT Semen Gresik berencana langsung membangun pabrik baru di Kabupaten Rembang setelah menguasai lahan seluas 300 ha di kabupaten itu. Pendirian pabrik baru tak perlu menunggu waktu lebih lama meski masih menargetkan pembebasan lahan tambahan seluas hingga 600 ha lahan. luasan lahan 900 ha merupakan target jangka panjang agar pabrik bisa beroperasi hingga setidaknya 40 tahun. "Untuk tahap awal kami fokus untuk membebaskan lahan seluas 300 ha. Yang 100 ha untuk kawasan pabrik, sisanya untuk deposit bahan baku produksi semen," katanya.

Setelah pendirian pabrik baru lolos Amdal, lanjut Agung, PT SG kini tengah melengkapi perizinan dengan mengajukan izin usaha pertambangan (IUP) ke pemkab setempat. Dengan tambahan pabrik baru di Rembang, PT SG nantinya menjadi produsen semen terbesar di Asia Tenggara.

"Jika pembebasan lahan lancar, tahun depan pabrik baru akan dibangun, sehingga pada 2016 mendatang pabrik dengan nilai investasi Rp 4 triliun itu sudah bisa beroperasi. Pabrik semen di Rembang ditargetkan mampu memproduksi 3 juta ton per tahun," jelasnya.

Sementara itu Kepala Departemen Litbang dan Jaminan Mutu PT SG Rudi Hermawan mengatakan, teknik peledakan dengan sistim nonel (non electric) sejauh ini dipandang sebagai cara paling efisien untuk menambang batuan bahan tambang semen jika jadi membuat pabrik di Kabupaten Rembang.

Rudi Hermawan menimpali perusahaan menerapkan teknologi desain tambang komprehensif, guna meredam gangguan getaran dan suara bising. Ia mencontohkan ketika aktivitas menambang di dekat pemukiman warga, pekerja menggunakan ledakan non elektrikal. Meski ledakan puluhan kali, namun seperti terdengar hanya sekali, itupun tidak terlalu keras. Rudi mengklaim kegiatan peledakan sejak pabrik berada di Gresik dan Tuban, relatif masih terkendali, belum berdampak signifikan.

Rudi menambahkan, pihaknya kini tengah mengembangkan cara penambangan dengan sistim surface mining di pabrik Tuban. Ia mengibaratkan teknik penambangan dengan alat surface miner ini seperti mengiris aspal lama di jalan. Jika cara ini terbukti efisien, tidak menutup kemungkinan akan diterapkan di pabrik baru di Rembang.

"PT SG tetap berkomitmen untuk meminimalisasi dampak yang ditimbulkan baik sosial dan lingkungan. Sabuk hijau dengan menanam pohon mengelilingi kawasan tambang akan dibuat. Lokasi bekas tambang juga akan direklamasi," janjinya.

Rudi Hermawan menjelaskan pihaknya rutin mendatangkan pakar geologi dan pakar air untuk melakukan survei lokasi, sebelum hingga selama penambangan. Titik pantau sumber air dipasang ke beberapa titik, untuk mengetahui ada tidaknya penurunan debet.

Menurutnya selama 18 tahun beroperasi di Tuban Jawa Timur, mata air Goa Srumbo yang berjarak hampir tiga kilo meter dari pabrik masih aman. Begitupun di Kab. Rembang, Semen Gresik memastikan siap ikut menjaga sumber air, terutama berskala besar sekelas sumber Kajar Gunem dan Sumber Semen desa Tahunan Sale. [Hady]
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT