Headlines News :
Home » » JEMPOL SIKIB UNTUK MANGROOVE CENTRE

JEMPOL SIKIB UNTUK MANGROOVE CENTRE

Written By Unknown on Jumat, 15 Februari 2013 | 6:40:00 AM

Reporter : Iswan

Tuban Tabloidguntur.com - Mangrove Centre kembali mendapat kunjungan kehormatan. Pada hari rabu tanggal 30 Januari 2013 giliran Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) mengunjungi kawasan pusat konservasi lingkungan ini. Bersama Ketua TIM Penggerak PKK Kabupaten Tuban, Hj. Qodiriyah Fathul Huda beserta anggota kunjungan kali ini bertujuan untuk melihat bagaimana metode pelestarian alam yang dilakukan penerima penghargaan  Kalpataru dari Presiden RI ini. Selain itu, kunjungan ini juga sebagai bentuk kampanye untuk mengajak masyarakat melindungi dan menjaga kelestarian pantai dan alam.
SIKIB termasuk dalam Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara yang juga berisi beberapa Organisasi Wanita seperti Kowani, Mohi, Bhayangkari, Dharma Pertiwi dan Dharmawanita Persatuan yang juga hadir untuk Pencanangan Gerakan Indonesia Bersih.  Anggota SIKIB yang hadir dalam kegiatan ini adalah Silvy Agung Laksono, istri Agung Laksono (Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat). 
Mieke Suswono, istri Suswono (Menteri Pertanian). Yuliana Kambuaya, istri Balthasar Kambuaya ( Menteri Lingkungan Hidup). Umi Rusman, istri Rusman Heriawan (Wakil Mentri Pertanian). Nafsiah Dahlan, istri Dahlan Iskhan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dan Erna Witoelar, Istri Rachmad Witoelar (mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup, yang sekarang menjabat menjadi Ketua Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI).
Pengelola Mangrove Centre, Ali Mansyur menegaskan bahwa pihaknya melakukan pelestarian alam ini berawal dari diri sendiri. Yang dilakukan dengan dana pribadi. Dan hasinya mendapat tanggapan baik dari berbagai kalangan. Semua pembibitan di lakukan sendiri. Saat ini sudah 5.600 Ha lahan yang di tanami. Menurut buku tamu yang ada, sudah ratusan ribu orang mengunjungi kawasan ini dengan tujuan untuk belajar tentang konservasi alam. Pak Mansyur menambahkan merasa sangat bangga dan terima kasih atas dukungan Bupati Tuban, H. Fathul Huda bersama Jajaran Pemkab Tuban terhadap keberlangsungan Mangroove Centre selama ini.
Ibu Erna Witoelar, Istri Rachmad Witoelar (mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup) yang juga pemerhati lingkungan menghimbau agar Pemkab Tuban  dan  masyarakat secara luas turut membantu upaya kelestarian ini. Karena hasilnya, dengan melestarian alam akan lebih berlipat ganda. Dibandingkan merusak alam karena alasan keuntungan sesaat. Bu Erna juga mengingatkan bahwa, status tanah atau hak kelola harus diperjelas, Pemkab juga di harapkan mampu mengkombinasikan konservasi dengan pemberdayaan masyarakat.
Senada diungkapkan Ketua SIKIB, ibu Silvy Agung Laksono, bahwa SIKIB akan terus memantau perkembangan Mangrrove Centre dengan cara selalu berkoordinasi dengan pengelola  dan Pemkab. Para Ibu SIKIB sepakat memberikan Jempol sebagai tanda penghargaan kepada pengelola, ketika Pemerintah Pusat menganggarkan anggaran yang besar untuk penyelamatan alam, ternyata di luar dugaan atas prakarsa masyarakat seperti pak Ali Mansyur, dengan biaya yang minim bisa memberikan hasil maksimal pada konservasi alam.
Kegiatan Rombongan SIKIB juga berkesempatan mengunjungi Toko Batik Gedog khas Tuban di Batik H. Sholeh dan Radika di Jl. Letda Sutjipto Tuban. Dalam rangkaian GIB pada hari kamis tanggal 31 Januari 2013 ibu SIKIB akan melaksanakan penanaman pohon dan penyerahan bantuan Mobil Hijau kepada Ketua TPPKK Kabupaten Tuban di Desa Mliwang Kecamatan Kerek dan peresmian Bank Sampah di Sendanghardjo Tuban.  KDG.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT