Headlines News :
Home » » Teh Jamus Ngawi Dilirik Investor

Teh Jamus Ngawi Dilirik Investor

Written By Unknown on Selasa, 31 Juli 2012 | 12:35:00 PM


Ngawi Guntur
"Investor membidik produksi dan market teh jamus untuk dikelola secara profesional, sejauh ini Pemkab masih mengkaji lebih dalam tentang keseriusan para investor mengembangkan teh jamus," kata Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono, kemarin. Teh Jamus itu sendiri adalah hasil produksi perkebunan terbesar di Ngawi. Perkebunan teh Jamus terletak di Desa Girikerto sekitar 40 kilometer arah barat Ngawi.
Sejauh ini, lanjut Budi Sulistyono, investor telah melakukan survey secara menyeluruh terhadap segala potensi teh jamus. Baik itu pengeringan dan pengolahan yang masih menerapkan racikan-racikan tradisional maupun perkebunannya sendiri yang luasnya mencapai kurang lebih 418 hektar. 
"Pemkab mengupayakan agar dalam pelaksanaan kerjasama pengembangan teh jamus haruslah menguntungkan kedua belah pihak, pemilik perkebunan Jamus dibawah manajemen PT Candiloka dan investor peminat," urainya. Persoalan proses produksi, Kanang sapaan akrabnya menambahkan, bahwa selama ini teh jamus dikelola secara tradisional hal ini didasarkan pada keinginan pemilik untuk menjaga cita rasa teh jamus yang telah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu. Akan tetapi pemkab secara berkala melakukan pembinaan mengingat kawasan perkebunan jamus telah menjadi mata pencarian bagi masyarakat sekitar. 
Selain persoalan investor, lanjut Kanang, pemkab Ngawi juga terus mengupayakan perbaikan infrastruktur menuju perkebunan jamus. Letaknya yang di dataran tinggi dengan panorama Lereng Gunung Lawu memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai salah satu obyek wisata andalan. Daya tarik wisata lainnya disekitar Agrowisata Jamus adalah adanya air terjun Grojogan Songo Tuk Pakel dan adapula makam tua pendiri kebun teh jamus, Van Der Rappart serta sumber air Lanang. 
Menurut Bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan setempat ini, bahwa perkebunan teh jamus adalah salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Ngawi. Sehingga secara bertahap akan dilaksanakan pembangunan sarana dan prasarana pendukung obyek Agrowisata Jamus. Beberapa perbaikan jalan telah dilakukan sejak tahun anggaran 2011 lalu. Pada tahun anggaran selanjutnya akan dikonsentrasikan pada sarana pendukung seperti gazebo peristirahatan, homestay dan wahana permainan anak. 
"Sehingga para wisatawan asing maupun domestik selain dapat menikmati cita rasa khas teh jamus juga dapat menikmati keindahan panorama perkebunan yang berada di daerah pegunungan lawu, serta dapat mengetahui secara langsung proses produksi teh," pungkas kanang. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT