Headlines News :
Home » » Tradisi Di Magetan pada 1 Suro,Andum Bolu Rahayu

Tradisi Di Magetan pada 1 Suro,Andum Bolu Rahayu

Written By Unknown on Minggu, 03 Maret 2013 | 9:31:00 AM

Reporter : HAJIR

Magetan Beritaguntur.com - Bermacam-macam tradisi yang ada di pulau jawa ini pada saat menjelang malam 1 suro, di solo, jogja dan kota-kota lainnya, tak terkecuali magetan. Andum Berkah Bolu Rahayu, ya sebuah tradisi yang ada di Kabupaten Magetan. Tradisi yang dilakukan setiap tahun pada saat menjelang tahun baru Islam.

Kirab Nayoko Projo dan Pawai Andum Berkah Bolu Rahayu ini merupakan puncak dari serangkaian acara yang digelar mulai dari festival ledhug yang sudah diselenggarakan selam kurang lebih 4 hari di alun-alun magetan. Acara andum berkah bolu rahayu ini dimulai kira-kira pukul 02.00 sampai 04.00. Alun-alun kota magetan dipenuhi oleh masyarakat magetan yang ingin melihat langsung acara ini dan juga ikut berebut bolu rahayu ini.

Perlu diketahui bahwa roti bolu ini merupakan salah satu makanan khas dari Magetan. Dan di tradisi andum berkah bolu rahayu ini, setelah prosesi selesai maka roti bolu ini akan diserbu oleh masyarakat yang datang mengikuti acara ini. Mereka rela untuk berdesak-desakan untuk mendapatkan roti bolu ini, anak kecil, orang tua, remaja, tua maupun muda semua ikut memperebutkan bolu rahayu ini.  
 
Dan sayapun juga salah satu orang yang berada di tengah-tengah kerumuman masyarakat magetan yang ingin mendapatkan bolu rahayu ini (tapi saya ga ikut rebutan bro, saya asyik mengambil gambar saja hehehe). *** KUPRIT
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT