Headlines News :
Home » » Petani Desa Mojoranu, Mulai Panen Padi

Petani Desa Mojoranu, Mulai Panen Padi

Written By Unknown on Jumat, 08 Maret 2013 | 5:54:00 AM

Reporter : Eko Didik Yuswantoro

Bojonegoro Beritaguntur.com -Petani  Desa Mojoranu serempak melakukan panen padi, Kamis pagi (7/3/2013) pukul 07.00 wib, beberapa pekerja (Tukang Engdos) padi menggunakan alat dos mesin, semua pekerja hanya menggunakan alat sabit (Clelurit), secara sigap dan cepat mengayunkan sabitnya untuk membabat tanaman padi yang telah menguning. 

“ Panen padi awal musim ini memang serempak mas, jadi saat ini tampak semua pemilik sawah juga mengerahkan tenaga engdos,” Ujar Mardi petani warga Mojoranu pada Beritaguntur.com.

Dijelaskan oleh Mardi, bahwa setelah panen padi tersebut, semua petani langsung mempersiapkan persemaian guna mempercepat proses tanam kedua, cuaca tahun ini juga sulit diprediksi, hal ini menyebabkan banyak tanaman padi yang terserang hama/penyakit, seperti wereng coklat, ulat dan slundep serta adanya penyakit potong leher.

Sementara itu, Endang Sulistiani pemilik sawah yang tertinggal panennya, mengungkapkan bahwa lahan yang dimiliki merupakan daerah yang agak tinggi sehingga agak sulit untuk dialiri air, namun upayanya membuat kedokan sawah yang mudah mendapatkan air telah dilakukan selama 4 tahun, dan hasilnya sekarang telah dapat dengan lancar. 

“ seperti yang mas lihat bahwa padi saya baru berbuah atau masyarakat bilang ambyak, mungkin 2 minggu lagi panen, tapi kami sudah membuat persemaian , nanti diharapkan tanamnya bisa bersamaan,” Terangnya singkat.*** (Did/Kup)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT