Headlines News :
Home » » Kediri Lolos Tahap II Adipura

Kediri Lolos Tahap II Adipura

Written By Unknown on Jumat, 15 Maret 2013 | 8:59:00 AM

Reporter : Sutrisno

Kediri Beritaguntur.com -Kerja keras tim pemkot dalam penilaian Adipura tahap I membuahkan hasil positif. Ini setelah Kota Kediri dinyatakan lolos ke penilaian tahap II setelah meraih nilai 74,08. Namun meski sudah mendapat poin bagus, pemkot tak boleh lengah dalam penilaian tahap Il minggu depan.

Kepala Dinas Tata Ruang Kebersihan dan Pertamanan (DTRKP) Kota Kediri Didik Catur mengatakan, dengan nilai 74,08 otomatis Kota Kediri masuk ke penilaian tahap II. Sebab, batas minimal untuk melaju ke tahap II harus mendapat nilai minimal 71,00.

 
"Meski nilai di tahap I sudah cukup bagus, tapi tidak boleh terlena. Kami tetap akan berupaya maksimal," tuturnya. Apalagi, sesuai rencana tim penilai Adi­pura akan ke Kota Kediri pada 18 Maret nanti. Seperti penilaian tahap I, tim dari Pemerintah Pusat itu akan mendatangi sejumlah titik pantau yang ditentukan.
 
Pemkot Kediri, lanjut Didik, tak mau kecolongan. Makanya sejak beberapa minggu lalu, mereka sudah mempersiapkan diri. "Ada beberapa titik pantau yang perlu dimaksimalkan," bebernya.
 
Di antara titik pantau tersebut, diakui Didik, beberapa diantaranya perlu mendapat perhatian khusus. Misalnya, di lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Klotok, pedagang kaki lima (PKL) di trotoar, dan penghijauan disepanjang Jl. Panglima Sudirman.
   
Sebenarnya, lanjut Didik, pemkot sudah melakukan perbaikan di titik tersebut. Di jl Panglima Sudirman misalnya, sudah ditanam puluhan pohon. Tetapi, beberapa di antaranya tidak bisa tumbuh. "Memang butuh kepedulian masyarakat sekitar. Kalau pem­kot saja tidak cukup," imbuhnya.
   
Hal yang sama, menurut Didik, juga terjadi untuk penataan pedagang kaki lima yang ada di sejumlah trotoar di Kota Kediri. Menurutnya, diperlukan kesadaran para PKL un­tuk tak berdagang di tempat terlarang.
 
Menjelang penilaian Adipura tahap II, Di­dik mengungkapkan, satpol PP dan dinas perindustrian, perdagangan, pertambangan, dan energi (disperindagtamben) akan diminta melakukan penataan.
   
Sesuai konsep awal, Didik menyebut, para PKL harus direlokasi ke ternpat tertentu yang sesuai dengan ketentuan. Dengan demikian, nilai Adipura Kota Kediri bisa dikatrol lebih tinggi lagi.
   
Berapa target nilai Adipura tahap II nanti? Didik mengatakan, minimal pemkot harus mempertahankan nilai 74,08. "Kalau terlalu tinggi kenaikannya, nanti tim malah akan melakukan verifikasi ulang. Tapi bukan berarti kami akan santai. Kami tetap akan beru­paya maksimal," tegasnya.
 
Seperti diberitakan, penilaian Adipura ta­hap I akhir 2012 lalu dipersiapkan maksimal oleh pemkot. Di antaranya, dengan meliburkan PKL yang berdagang di sekitar trotoar jalan-jalan protokol kota. Untuk memastikan mereka tak berjualan saat hari penilaian, anggota satpol PP berpakaian preman juga disiagakan di sejumlah titik. *** (sUT/kUP)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT