Headlines News :
Home » » GALAKKAN GOTONG ROYONG KEMBALI

GALAKKAN GOTONG ROYONG KEMBALI

Written By Unknown on Jumat, 10 Mei 2013 | 11:51:00 AM

Reporter : Ana/Iswan

TUBAN Beritaguntur.com -Dalam menumbuhkan kembali semangat Kegotong Royongan di Masyarakat guna meningkatkan peran aktif masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan serta meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab terhadap hasil-hasil pembangunan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahaan Desa dan KB  Kabupaten Tuban melaksanakan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong royong .

Masyarakat X yang tahun ini di Buka Oleh Wakil Bupati Tuban Ir. H. Noor Nahar Nussein, M.Si  di Balai Desa Klotok Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban pada hari Rabu tanggal 8 mei 2013. Acara ini diikuti peserta kurang lebih 700 orang yang terdiri dari Kepala SKPD, Pimpinan BUMN, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Tuban, Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Tuban, Kasi PMD se Kabupaten Tuban, Perwakilan Kepala Desa / Lurah, BPD, LPMD/LPMK masing masing kecamatan, Kerwakilan Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan Masing-masing  Kecamatan dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. 

Dalam laporannya Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahaan Desa dan KB  Kabupaten Tuban, Drs. Achmad Amin Sutoyo menjelaskan bahwa Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK ini dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Mei 2013 dengan sasaran masyarakat Desa  dan Kelurahan di seluruh wilayah di Kabupaten Tuban guna mewujudkan kemandirian dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, yang diprioritaskan pada bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial dan budaya serta lingkungan dengan kegiatan, meliputi penyuluhan Hukum terpadu, penyerahan santunan kepada keluarga kurang mampu, penyuluhan kesehatan ibu dan anak, pelayanan posyandu yang terdiri dari pelayanan KB MOP, IUD, IMPLANT, kegiatan BKB, BKR, Posyandu Lansia, Pemutaran Film KB, Penyuluhan dan Pembinaan untuk penguatan sistem kelembagaan masyarakat desa (LPMD), kerja bhakti Gotong Royong membangun Sarana Sosial, Perhubungan dan lingkungan. 

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban yang juga istri Wakil Bupati, Ibu Hj. Andajati Noor Nahar Hussein dalam membacakan sambutan tertulias Ketua TIM Penggerak PKK menekankan bahwa selama 41 tahun pelaksanaan gerakan PKK dalam mendukung pembangunan bangsa telah menunjukkan keberhasilan yang mendapat pengakuan dan penghargaan dari berbagai kalangan masyarakat. 

Hal ini tidak lepas dari peran aktif jajaran Tim Penggerak PKK beserta para kadernya dilapangan, Upaya yang dilakukan oleh gerakan PKK harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia sehat dan sejahtera, hal ini tercermin dalam suasana kehidupan yang saling mengasihi sebagai norma dasar terwujudnya keharmonisan kehidupan berkeluarga. Namun kenyataannya bahwa upaya untuk mewujudkan keluarga yang harmonis, sering kali terhambat oleh kondisi sosial ekonomi keluarga yang masih rentan. 

Hal ini ditandai oleh rendahnya tingkat kesehatan, terutama derajat kesehatan bayi, balita, dan kaum ibu yang kurang gizi serta gangguan akibat kekurangan yodium, rendahnya tingkat pendidikan dan meningkatnya jumlah anak putus sekolah yang terpaksa bekerja pada sektor informal, sehingga berdampak rendahnya tingkat pendapatan dan produktifitas masyarakat. Oleh karena itu kita harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan kemiskinan melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK beserta kadernya dapat berpartisipasi dalam mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga. 

Sedangkan Wakil Bupati Tuban dalam pengarahannya menyatakan bahwa Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dilakukan dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat dengan memperoleh dukungan dari semua stakeholder di masyarakat, Penyelenggaraannya  melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dapat kita cermati dengan seksama pentingnya persatuan dan kesatuan diantara sesama masyarakat, karena dengan modal persatuan dan kesatuan, maka akan tercipta suasana yang kondusif, dinamis, aman dan damai di masyarakat. 

Dari pilar demokrasi dan sebagai identitas bangsa sangat disayangkan Gotong royong semakin memudar saat ini dan itu harus segera di ubah, kita harus kembali menggalakkan gotong-royong. Modal utama dalam melakukan kegiatan gotong royong adalah berawal dari sikap mental yang baik dan berakhlakul karimah, apabila semua warga masyarakat desa dan kelurahan di kabupaten Tuban ini memiliki akhlak yang baik insyaallah akan tercipta suatu kerukunan antar sesama warga, karena pada hakekatnya kita sesama manusia dimuka bumi ini adalah saudara dan apabila telah terjalin kerukunan maka akan sangat mudah untuk membuahkan nilai-nilai kegotong royongan dimasyarakat yang memang sudah menjadi budaya bangsa kita sejak dulu. 

Dalam rangkaian acara Pencanangan dilaksanakan juga kunjungan ke Posyandu anak dan posyandu Lansia serta, peletakan batu pertama pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) dari dana PNPM Mandiri Perdesaan selain itu juga dilaksanakan penekanan tombol sebagai tanda Pencanangan Masa Tanam Tahun 2013 pada Hippa Subur Makmur Klotok Plumpang. 

*** ( Isw/Kup)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Head Office : Gg.Koramil No.28 Kapas - Bojonegoro | | (0353) 593 3256 - 081 259 061 188
Periklanan : Nurul Amalin 085 851 878 586
Copyright@ © 2012. Beritaguntur.com - Email: guntur_pusat@yahoo.co.id
Website Resmi Berita Nasional Tabloidguntur.com@ AGUS KUPRIT